Kamis, 06 Juni 2013

Telur


Manfaat Telur Ayam Kampung

 

   Telur merupakan sumber dar berbagai nutrisi penting seperti protein, kalsium karbohidrat, asam amino esensial, vitamin, asam lemak, biotin, fosfor, kalium, magnesium, zat besi, yodium, mangan dan zink. Sedangkan kuning telur banyak mengandung vitamin D. Karena telur kaya akan nutrisi penting maka telur sangat tepat untuk dijadikan sebagai menu sarapan anda.
   Banyak yang menyukai telur dengan cara dibuat dengan berbagai masakan baik direbus, goreng atau lainnya. Namun para pakar gizi merekomendasikan telur mentah lebih sehat untuk dikonsumsi. Salah satu resep dari peninggalan nenek moyang adalah mencampur kuning telur dengan segelas susu untuk mengatasi tubuh kedinginan yang buruk.


Khasiat Telur Ayam Kampung Untuk Kesehatan Tubuh
   Telur ayam kampung merupakan telur ayam yang dihasilkan oleh ayam yang kita pelihara sendiri. Banyak yang memakai telur ayam kampung sebagai campuran jamu. Contoh STMJ, menggunakan telur juga. Telur ayam kampung memang lebih diminati ketimbang telur yang dihasilkan oleh ayam potong. Selain rasanya lebih enak, telur ayam kampung dipercaya memiliki berbagai khasiat yang dapat menyehatkan tubuh.

   Telur ayam kampung dalam konsumsi sehari-hari sering kali diolah dengan cara di 'ceplok' lalu digoreng, namanya telur ceplok. Telur ceplok ini kesukaan saya lho..^_^
   Kalau dalam bahasa Indonesia telor ceplok juga di sebut sebagai "telur mata sapi".  Telur mata sapi biasanya dalam menggoreng kuning telornya tidak di aduk, sehingga tetap utuh bulat seperti mata sapi. Namun saya tidak begitu suka bila kuningnya dibiarkan tetap utuh, karena biasanya kuning telur yang utuh bagian tengahnya tidak matang. Seringkali masih cair, sehingga dapat menimbulkan rasa jijik bahkan saya sampai muntah.

  Lalu apa saja sih manfaat dan kandungan dari telur ayam kampung ini? Berikut saya sajikan manfaat, khasiat dan kandungan yang ada dalam telur ayam kampung :
1. Bebas lemak dan kolesterol     
   Sebagian besar makanan yang dikonsumsi manusia mengandung lemak dan kolesterol jahat, namun untuk telur mentah tidak. Selain itu, telur mentah juga mengandung nutrisi lesitin yang membantu mencegah seluruh kolesterol disimpan dalam tubuh. Penelitian juga tidak menemukan jika konsumsi telur setiap hari meningkatkan kadar kolesterol.
2. Mencegah  kanker dan masalah jantung
   Sebuah penelitian mengungkapkan, nutrisi dalam kuning telur diletakkan oleh ayam yang telah diberi diet jagung atau gandum hanya menemukan adanya triptofan dan tirosin (asam amino) yang penting dalam mencegah masalah jantung dan kanker.
3. Menjaga kesehatan jantung
  
Dua kuning telur mentah mengandung antioksidan yang menjaga kesehatan jantung, dua kali jumlah yang ditemukan di sebuah apel dan setara dengan sekitar 25 g cranberry. Demikian pengungkapan dari riset para ilmuwan.
4. Menjaga mood Anda
   Triptofan dalam serotonin kuning telur merupakan bahan kimia alami yang membantu dalam meningkatkan suasana hati seseorang, sementara tirosin memainkan peran penting dalam mengintegrasikan dopamin dan norepinephrine, dua neuro-pemancar yang menjaga aktivitas mental dan kewaspadaan.
5. Mencegah katarak dan kebutaan
   Mengonsumsi telur mentah dapat mencegah kebutaan dan katarak. Kuning telur kaya akan lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan kuat yang dapat mencegah kebutaan dan katarak terjadi khususnya pada orang tua.
6. Memperkuat tubuh
   Binaragawan secara teratur mengkonsumsi telur mentah, karena hal ini membantu mereka untuk mengembangkan otot yang sehat dan tubuh yang kuat.
7. Menyembuhkan penyakit paru-paru
   Makan telur mentah membantu untuk meningkatkan fungsi paru-paru pada manusia, terutama bagi mereka yang menderita emfisema.
8. Meningkatkan  kesehatan  tubuh
   Telur mentah dapat meningkatkan keseimbangan hormon dalam tubuh, mempercepat metabolisme, dan juga meningkatkan sistem peredaran darah.
9. Sebagai makanan berenergi
   Makan telur mentah setara dengan memberi tubuh Anda dengan tingkat energi yang tinggi. Ahli gizi menunjukkan bahwa pencernaan telur mentah tidak sulit dan, pada kenyataannya, dibantu oleh enzim alami yang hadir dalam kuning telur.
10. Telur organik lebih baik
   Telur dari ayam yang diberi makanan organik lebih baik dikonsumsi karena bebas dari infeksi salmonella yang mungkin terjadi pada ayam obatan. Telur organik juga mengandung kolesterol dan lemak lebih rendah dan lebih kaya akan Vitamin A dan E, serta dua kali jumlah omega-3 asam lemak dan tujuh kali lebih banyak beta-karoten. Telur mentah organik mengandung lemak ‘baik’, tetapi jika dimasak, lemak baik ini bisa berubah menjadi lemak jahat, yang bisa mengeras setiap sel tubuh.        
   Demikianlah sejumlah manfaat dan khasiat yang ada didalam telur ayam kampung, jika kurang bisa anda tambahkan sendiri. Karena sebenarnya masih banyak lagi manfaat telur ayam kampung ini. Namun pada saat ini Telur cukup populer sebagai campuran untuk minuman STMJ. Dengan campuran Susu Telur Madu Jahe, maka sangatlah komplit kandungan gizi yang terkandung pada minuman STMJ, dari masing masing kandungan dari Susu Telur Madu dan Jahe, minuman ini sangatlah digemari oleh masyarakat pada umum karena khasiatnya yang telah dipercaya dapat memulihkan stamina tubuh, selain karena terbuat dari bahan bahan yang non kimia, maka dari kalangan anak kecil, remaja, dewasa dan manula sangat baik sekali untuk menjaga kondisi tubuh para penikmat STMJ, juga karena harganya yang cukup terjangkau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar